ivaa-online.org
PELAKU SENI

Yustina Neni Nugraheni

Yustina Wahyu Nugraheni, biasa dipanggil Neni lahir tahun 1969. Pada tahun 1997 bersama suaminya Agung Kurniawan, seorang seniman, mendirikan ruang seni bernama Kedai Kebun Forum (KKF), difungsikan sebagai laboratorium pengembangan gagasan pembiayaan mandiri, dengan mengembangan unit bisnis restoran yang dikelola secara profesional. Proyek rintisan ini telah membiayai program-program seni secara luas, baik yang diinisiasi sendiri oleh KKF atau yang digagas dan dieksekusi bersama kelompok lain. Neni tidak menyelesaikan studi di Fakultas Sastra UGM Jurusan Sastra Prancis, belajar manajemen seni secara otodidak sejak SMA dan di perguruan tinggi.

Tahun 1995 ikut mendirikan Yayasan Seni Cemeti yang pada 2007 berubah menjadi Indonesia Visual Art Archive, lembaga dengan spesialisasi mengarsip data dan dokumen seni rupa Indonesia. Tahun 2010 terlibat menggagas Koalisi Seni Indonesia (KSI), organisasi skala nasional berbadan hukum yang dapat menjadi payung bagi berbagai individu dan organisasi kesenian. KSI mempunyai kebutuhan dan kepedulian dalam hal advokasi kebijakan kesenian, distribusi pengetahuan kesenian dan penggalangan dana untuk kesenian.

Tahun 2009 menjadi anggota Tim Formatur lembaga Biennale Jogja, dan menjadi direktur Yayasan Biennale Yogyakarta sejak Agustus 2010 sampai dengan 31 Oktober 2016. Menjadi Direktur Biennale Jogja 2011 dan Biennale Jogja 2013. Awal tahun 2015 bersama dengan 18 Direktur Festival di Yogyakarta mendirikan Jogja Festivals, yaitu Platform Promosi Festival-festival di Yogyakarta.

Judul Dokumen Tahun Terbit
Liputan Media - Seminar Manajemen Seni Rupa di Taman Budaya Yogya
Liputan Media Massa
2008
Biennale X 2009 Segera Digelar
Liputan Media Massa
2009
Komitmen Dari Ruang Kosong, Belakang Dapur
Liputan Media Massa
2004
Liputan Media - Diskusi Seniman Mencari Ruang di UKDW
Liputan Media Massa
2002
Ruang Tak Terbatas Dinding
Liputan Media Massa
2002