ivaa-online.org

KARYA SENI

Mountain Series (2.0)

Pelaku Seni : Budi Pradono
Medium :
Tahun Pembuatan : 2012
Dimensi Karya : mm x mm x mm
Deskripsi :

Indonesia adalah negara dengan banyak gunung, sebagian besar merupakan gunung api aktif yang siap meletus setiap saat. Secara alamiah gunung yang aktif akan menyemburkan awan panas, maupun magma dan kadang disemburkan keluar bumi, seluruh kawasan di sekitar gunung saat itu akan rusak tetapi beberapa tahun kemudian tanah-tanah di sekitarnya meniadi sangat subur untuk kehidupan manusia. Mountain series juga merepresentasikan sebuah keadaan force majour bagi keberadaan bumi yang rentan akan kejadian-kejadian tak terduga karena ketidak seimbangan alam, seperti badai Sandy di New York. badai bopha di Pilipina, tsunami di Fukushima Jepang, maupun letusan gunung di Krakatau, instalasi ini memberikan penanda bagi arsitek. politikus maupun masyarakat umum untuk waspada dan sekaligus mencari solusi, maupun merencanakan tindakan preventive menghadapi ketidak seimbangan alam ini melalui desain gagasan yang lebih sustainable, maupun yang lebih sensitive pada relasi antara bangunan fisik dan alam.

Project Mountain series ini mengangkat sisi positive dori typologi gunung yang juga merepresentasikan tumpukan idea atau gagasan arsitektur, urbanism maupun produk desain yang diproduksi setiap saat sebagai bagian dari riset yang panjang dan tidak berkesudahan. Desain atau karya rancang itu sewaktu waktu akan meledak, memberikan nilai-nilai baru di dunia. Instalasi ini terdirl dari tumpukan jar yang berisi material, batu, kayu, bambu, Karpet, paper, etcs, juga 3d models dari beberapa projects yang di kerjakan oleh BPA di atur bertumpuk-tumpuk menyerupai magma di dalam gunung.

Mountain series ini merupakon art and architecture instalasi by budi prodono, merupakan pameran keliling dunia (series 1.2,3 ... dst) untuk memberikan tanda dan nilai baru dalam pendekaton perancangan arsitektur sekaligus memberikan tonggak sejarah bagi umat manusia yang merasakan ketidakseimbangon ekologi, perubohan iklim serta badai yang datang tidak terduga ketempat - tempat yang kita tidak pernah duga sebelumnya, kita harus selalu waspada setiap saat

Image