ivaa-online.org

KARYA SENI

Ruang Senar

Pelaku Seni : SHAU
Medium :
Tahun Pembuatan : 2012
Dimensi Karya : mm x mm x mm
Deskripsi :

Ruong Senor

dari= ke

di= 0

 

No man ever steps in the some river twice

- Heraclitus 500BC -

 

Dengan senar, kami ingin membawa pengunjung kesebuah perjalanan ruang yang mana konsep-konsep 'di', 'ke' don 'dori' menjadi bias dan saling berpadu. Dengan adanya 2 bukaan yang cukup besar untuk dimasuki pengunjung 'dari don ke' dapat saling dipertukarkan sedangkan 'di' tidak dapat dipaku pada suatu titik tertentu, tetapi saat terjadinya 'di' hanya tegrantung subjektivitas pengunjung dan ini terus menerus berubah.

Tidak pernah ada ruang yang sama, yang pernah dilalui seserang. Ruang senar ini seperti air yang beriak, yang selalu bergerak dengan lembut sesuai gerakan angin yang ada. Efek material senar yang dIgantung bila terkena cahaya akan sangat transcendental, yang mana kadang memberikan ilusi bahwa ada sesuatu hal yang misterius, yang timbul dan pergi mengikuti arah 'perjalanan' pengunjung tersebut. Adanya kursi untuk berisitirahat, menawarkan tempat untuk berada di ruang senar sambil memperpanjang proses pencarian 'di' sebelum keluar dari instalasi ini.

Maka bukan pengalaman 'di, ke dan dari' arsitek yang ingin kami sajikan, ataupun sejarah masa kecilnya, atau cerita suksesnya, melainkan pengalaman pribadi pengunjung yang merupakan penghuni ruang, subjek yang interpretasinya selalu berbeda.

Image